Smegrima Ziarah Wali Lima

ungkapan rasa terima kasih dari smekgrima untuk para leluhur yang sudah mengorbanken jiwa dan raga untuk NKRI

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap rasa syukur kepada Allah SWT, atas rahmat dan karunianya sehingga Penyusun dapat menyelelaikan makalah yang berjudul “Artikel Ziaroh Wali Limo”.

Penyusunan makalah ini menurut saya sudah sempurna kalau makalah yang saya buat ini belum sempurna tolong disempurnakan ,untuk itu saran dan kritik yang membuat dan mendukung yang sangat kami harapkan.

Dan semoga yang dimilikian penyusunya tertera dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kami ucapkan terimakasih kepada bapak Rustam Tarmuji,yang telah membimbing kami mulai dari berangkat dari SMK PGRI 05 JEMBER sampai kembali kesekolah kami tercinta SMK PGRI 05 JEMBER ini. Taklupa kepada teman-teman yang maubekerjasama sengingga makalah ini dapat tersusun dengan sempurna.

 

Penyusun

Fitria Nur Hasanah

XII AKUTANSI 3

ungkapan rasa terima kasih dari smekgrima untuk para leluhur yang sudah mengorbanken jiwa dan raga untuk NKRI
ungkapan rasa terima kasih dari smekgrima untuk para leluhur yang sudah mengorbanken jiwa dan raga untuk NKRI

Alasan Memilih Judul

            Perjalan Ziaroh Wali Lima merupakan judul yang tepat karena serangkai laporan tentang perjalanan Wali limo yang dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 26 januari oleh jamaah hardah SMK PGRI 05 JEMBER.

Laporanini di susun sebangai persyaratan untuk mengisi progran kerja hadrah dalam masa liburan jamaah hadrah di SMK PGRI 05 JEMBER ini ,selain itu di harapkan penyusunan makalah ini biasa meningkat kankreativitas anak secara individu dalam membuat makalah.

Di tulis sebagai Kata Pengantar bahwaWali adalah sosok hamba Allah yang ta’at beribadah menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Waliadalah hamba yang menjadi kekasih Allah dari sekian banyak mahluk yang ada di bumi ini. WALI SONGO hanya merupakan sebuah  istilah yang sering diucapkan oleh ummat manusia sekarang ini, padahal sesungguhnya beliau (parawalisongo) tida kmengenal kata songoMeski kisah Walisongo sebenarnya penuh kontroversial, akan tetapi kisah itu sendiri cukup menarik untuk disimak, mengingat banyak sekali hikmah dan manfaat yang dapat kitapetik sebagaibekal bagi kita dalam berjuang di daerah masing-masing, yang jelas berbeda cara pandang dan penerimaan, mengingatWalisongo telah berhasil menyatukan berbagai macam golongan menjadi satu- kesatuan yang kuat  baik dari rakya tbiasa maupun yang luarbiasa”.
Secara umum yang dianggap Walisongo di Bumi Jawa ini adalah :
     1. Syeh Maulana Malik Ibrahim ( makam di Gresik )
     2.Raden Rahmatatulloh SunanAmpel (makam di Surabaya)
    3. Raden Paku atau Sunan Giri (makam di Grersik)
   4. Raden Makdum Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang (makam di Tuban)
   5. Raden Qosim atau sunan Drajat (makam di Lamongan)
   6. Raden Syahid atau Sunan Kalijaga (makam di Kadilangu DemakJawa Tengah)
   7. Raden Umar Syahid atau SunanMuria (makam di Kudus, Jawa Tengah)
   8. Sayyid Ja’far Shodiq atau Sunan Kudus (makam di Kudus, Jawa Tengah)
   9. Syarif Hidayatulloh atau sunan GunungJati (makam di Cirebon, Jawa Barat)
Itulah sekelumit pengantar cuplikan dari  Buku Kisah Keteladanan WALISONGO.
Sumber dari Buku Kenang-kenangan Haul Agungke 544 SUNAN AMPEL  memberikan keterangan tentang perngertian Wali:
Pengertian Wali menurut Al-Qur’an (suratYunusayat 62 sampaidengan 64) : 
   1.  Tidak mempunyai rasa takut
   2.  Tidak mempunyai kesedihan
   3.  Mereka beriman
   4.  Mereka bertaqwa (memperjuangkan kalimah Allah)
   5.  Mereka selalu gembira dengan kabar dunia&akhirat
   6.  Mereka tidak menyeleweng dari petunjuk Allah  
Catatan tersebut diterakan pada Muqodimah yang ditulis UstadIbrohimGhozi, Kertosono, 1 Maret 1989. 

Manfaat danTujuan

  Manfaat:

  • Dapat mengetahui tempat-tempat makam
  • Bisa mengetahui makam para wali b
  • Bisa mengetahui bayaknya tentang para
  • Bisa mengetahui mengetahui berbagai bangunan baru dalam ziaroh kali ini.
  • Saya bisa menambah wawasan dalam ziaroh kali ini.

Tujuan:

  • Siswa dapat menjelaskan perjalanan kisaWali Lima dalam bentuk
  • Kita dapat wawasan dan kita bisa mengetaui kisah-kisahWali Lima.

Perumusan Masalah

Sebelum menulis judul makalah ini secara luas. Penyusuna akanmemberikan batasan permasalahan yang dimaksud dengan beberapa bab yaitu sebangai berikut.

  1. Untuk bab pertama, membahas alas an memilih judul,tujuan,maksud dan perumusan
  2. Untuk bab kedua, membahas tentang isi, kesimpulan, kesandan saran.

PEMBAHASAN

Pada tanggal 25 Desember 2016 pukul 13.15 dengan niat dan doa kami mulai brangkat menujuh tempat yang pertama makam KH.Abdul Hamid yang bertempat di pasuruan Jawa-Timur. KH.Abdul Hamid wafat padatanggal 25 Desember 1985. KH.Abdul Hamid mengapdi mengasuh Pesantren,Pasuruan.

Selanjutnya pukul 16.45, kami meneruskan perjalanan menujuh makam Syeh Jumadil Kubro yang bertempat di Troloyo JawaTimur. Dan sekitar pukul 19.28 kami sampai di makam Syeh Jumadil Kubro.

Dari makam Syeh Jumadil Kubro kami melanjutkan perjalanan menujuh makam Gus Dur(KH.AbdurrahmanWachid) yang bertepat di jombang petrongan pada pukul 20.00 s/d 20.40. ia lahir dengan nama Abdurrahman Adahkil yang berarti sang penakluk.setelah mendoakan Gus Dur, kami sholad sunah tahajud di masjit bertempat disamping makam. Setelah dari makam Gus Dur kami melanjutkan kemakam Sunan Bonang yang berada di Tuban Jawa-Timur.

Sunan Bonang dilahirkan pada tahun 1465,dengan nama Raden Maulana Makdum Ibrahim.dia adalah putra Sunan Ampel dan Nyai Angeng Malina. Bonang adalah sebuah desa di kabupaten Rembang.NamaSunan Bonang  adalah Bong Ang sesui nama marga Bong seperti nama ayahnya Bong Swi aliyas SunanAmpel. Sunan Bonang wafat pada tahun 1525m, dan saa tini makam aslinya berada di kotaTuban.

Lokasi makam Sunan Bonang ada dua karena konon katanya ,saat dia menginggal,kabar wafatnya sampai pada muritnya yang berasal dari madura. Sang murid sangat menyayaginya sampai-sampai si murid ingin memmbawa jenasah sang guru ke desanya yaitu desa Madura. Namun si murit tak dapat membawanya dan dan haya membawa kain kafan dan pakaian-pakaian si guru. Saat melewati tuban,ada seorang murut Sunan Bonang yang berasal dari tuban yang mendengar ada murid dari madura yang membawa jenazah Sunan Bonang , sehingga mereka memperebutkannya.

Pukul 05.00 kami menujuh Makam Syeh Maulana Ibrhim Asmoro Qondi yang terletak di desa Gresik harjo,Kacamata palang,kabupaten tuban. Masjid  dan makam Syeh Maulana Ibrhim Asmoro Qondi hingga kini masih berdiritegak dengan Relief dan hiasan kaligrafi  berusia ratusan tahun.

Sejumlah peninggalan bersejarah seperti petilasan,gapura, dan makam yang masih kokok berdiri sebangai aslinya.

Sementara Makam Syeh Maulana Ibrhim Asmoro Qondi terletak di sebelah barat masjid. Dari sekiyan banyak peninggalan ,hanya bangunan masjid Asmoro Qondi yang sudah mengalami renovasi, namun tidak mengurangi bentuk aslinya. Seperti jendela ,pintu ,dan langit-langi masjid yang di penuhi lafatz arab yang barbentuk kali grafi ukiran kayu jati kuno. Masjit ini merupakan suatu tempat yang mustajabah.

Makam Syeh Maulana Ibrhim Asmoro Qondi terletak di Desa Gersikharjo, Kecamatan Palang,  Kabupaten Tuban.  Masjit dan makam Makam Syeh Maulana Ibrhim Asmoro Qondi hingga kini masih berdiri tegak dengan relief dan hiasan kali grafi berusia ratusan tahun.

Sejumlah peninggalan bersejarah seperti peninggalan, gapura ,dan  cungkup makam masih kokok berdiri masih seperti aslinya. Kemudian pukul 09.25, kami menujuh makam Sunan Drajat. Sunan Drajat  yang mempunyai nama kecil Syarifudin atau Raden Qosim putra Sunan Ampel dan terkenal dengan kecerdasannya.

Setelah menguasai perjalanan islam ia menyebarkan agama islam ke desa Drajat sebangai tanah perdikat di kecamatan pacitan.dan ia di beri gelar Sunan Mayang Madu oleh Raden Pata pada tahun saka 1442/1520 M. Makam Sunan Drajat dapat ditempuh dari surabaya maupun Tuban lewat jalan daendels (Anyar-Pasuruan),, namun bila kita melewati jaln lamongan dapat di tempuh 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Selanjutnya sekitar pukul 11.54 kami sampai di makam Sunan Giri.Sunan Giri adalah sala sau seorang walisongo dan beliyau pendiri kerajan Giri Kedaton yang berkedudukan di daerah Gresek Jawa Timur. Sunan Giri  membangun Giri Kedaton sebangai pusat penyebar Agama islam di pulau jawa ini. Yang pengaruhnya bahkan sampai Madura,Lombok,Kalimantan,Sulawesi dan Maluku.

Sunan Giri memiliki beberapa nama panggilan yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Slutan Abdul Faqih, Raden Ainul Yaqin dan Joko Samuro.ia lahir di blambangan tahun 1442,dan di makamkan di Gresik,Kebonan,Gresek.Kemudian sekitar pukul 13.35, kami sampai di makam Maulana Malik Ibrhim . Sunan Giri atau Maulana Malik Ibrhim adalah nama seorang wali songo yang di anggap yang pertama kali menyebarkan agama islam di tanah jawa, kemudian ia di makamkan di desa Gapuro sukolilo,kota Gresik tanah jawa.

Setelah dari makam Maulana Malik Ibrhim, sekitar pukul 14.35, kami menujuh makam KH.Syaihono Kholil Bangkalan dengan melewati Jembatan Suramadu, lalu sekitar pukul 16.28, kami sudah tiba di makam KH.Syaihono Kholil Bangkalan. KH. Syaihono Kholil Bangkalan wafat pada hari selasa tanggal 11 JanuariAhkir 1235 H atau 27 Januari 1820 M, Abdul Latif seorang Kyaisi Kampung Senenang, desa Kemayoran ,Kecamatan Bangkalan,Kabupaten Blabangan , ujung barat pulau madura , jawa timur, merasakan kegembiraan yang sangat teramat sangt gembira. Karena hari itu, dari rahim istrinya lahir seorang anak laki-laki yang sehat, yang di beri nama Muhammad Kholil, yang kelak akan terkenal dengan nama mbah Kholil.

Sekitar pukul 18.00 kami kembali melanjutkan perjalanan untuk pulang, namun sebelum itu kami sempat berziaroh ke makam Sunan Ampel yang bertempat di Surabaya. Beliyau adalah salah satu anggota wali songo yang sangat besar jasanya  dalam perkembangan islam di pulau jawa. Sunan Ampel adalah bapak para Wali. Dari para pendawa kelassatu di bumi tanah jawa.nama asli Sunan ampel adalah Raden Rahmad sedangkan sebutan Sunan merupakan gelar Waliya,dan nama Ampel atau dengan itu dinis batkan kepada tempat tinggalnya, sebuah tempat yang dekat surabaya.

Beliyau dilahirkan pada  tahun 1401 M di capang,para ahli kesulitan untuk menentukan tertulis maupun prasasti yang menunjukkan Champanng di  malakah atau kerajaan jawa.

 

Kesimpulan

            Setelah kami melaksanakan Ziaroh selama satui hari dua malam kami dapat mengambil hikmah yang sebangai berikut:

  • Kami memperoleh ketenangan hati dan ketenangan fikiran.
  • Dapat meningkatkan rasa kemanusinyaan.
  • Dapat meningkatkan rasa keimanan kepada Allah SWT.

 

Saran-saran

Kami ingi menyampaikan beberapa hal kepada pembaca, antara lain :

  • Dalam membuat makala kita harus punya buku tentang pawa wali agar mudah pembuatan makalah.
  • Selama melakukan Ziaroh hendaknya kita perbayaklah berzikir.
  • Kita juga haru mendoakan Para Wali.

 

Kesan

            Dalam ziaroh ini kami merasakan senang, karena selama perjalanan kami tidak merasa jenuh ataupun bosan . bayak sekali pengalaman-pengalaman yang kami dapat dalam ziaroh kali ini dan dapat kami jadikan pelajaran baru untuk kehidupan yang baru. Kebersamaan merupakan sala satu pengalaman  yang dapat kami ambil dari sini.

ungkapan rasa terima kasih dari smekgrima untuk para leluhur yang sudah mengorbanken jiwa dan raga untuk NKRI
ungkapan rasa terima kasih dari smekgrima untuk para leluhur yang sudah mengorbanken jiwa dan raga untuk NKRI

PENUTUP      

Dengan mengucap alhamdulilahirobbilálamin peyusun dapat menyelesaikan makalah yang sederhana ini dengan baik, meskipun masih banyak kekurangan yang perlu kita benahi bersama-sama. Harapan kami makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Facebook Comments